Ketika itu, Indonesia hanyalah sebuah kelompok rakyat kecil yang telah dijajah baik dari segipemikiran maupun fisik. Mereka terinjak-injak, bahkan untuk hidup pun mereka perlu perjuangan yang keras. Romusha dan kerja rodi bukanlah hal asing yang mereka rasakan kala itu. Hal itu mereka perjuangkan agar mereka bisa makan untuk terus bertahan hidup…

         Namun, mereka mulai sadar dan beranjak dari keterpurukan serta berani melawan para penjajah.Mereka yang dengan berani menyatukan kekuatan untuk membebaskan Indonesia dari cengkeraman para penjajah. Merekalah yang menjadi pionir-pionir untuk mengangkat Indonesia dari keterpurukan. Merekalah yang gigih dan terus berjuang tanpa kenal lelah sampai titik darah penghabisan. Yang ada dalam benak mereka hanyalah “Hidup atau Mati!” Mereka yang gugur bukan berarti sia-sia. Mereka pasti mempunyai cita-cita untuk penerus generasi bangsa agar melanjutkan hasil jerih payah mereka dan perjuangan mereka untuk memajukan Indonesia.Mereka bukan lain adalah ” Para Pahlawan Indonesia”

        Jika kita lihat Indonesia sekarang ini, apa yang terjadi?

Banyak praktek KKN dimana-mana, tingkat kemiskinan yang tinggi, rakyat terlantar di jalanan…

“Apakah ini yang diharapkan penjuang masa lalu?”

“Apakah ini balasan untuk mereka yang dengan perjuangan sampai titik darah penghabisan demi memerdekakan Indonesia pada waktu itu?”

“Tidakkah kita berfikir bahwa mereka akan menangis melihat Indonesia yang seperti ini?” Sungguh sangat miris keadaan Indonesia sekarang ini..

Apa jadinya jika hal ini dibiarkan begitu saja?

Akankah kita generasi muda hanya diam saja?

       Wahai generasi muda dan teman seperjuangan…

       Inilah saatnmya kita merubah Indonesia menuju jalan lebih baik..

       Inilah saatnya untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan yang sampai titik darah penghabisan menyelamatkan Indonesia dari belenggu penjajah..

       Ingatlah slalu satu bait demi mereka :

“Mari kita pantang menyerah selalu untuk berjuang demi Indonesia dan mari kita jadikan negeri ini negeri yang penuh dengan khalifah yang bisa membawa dan memimpin Indonesia menuju lebih baik” “Hanya di tangan kitalah, masa depan bangsa ini…”

Written by: Raiza Noor P..